Hasil pencarian

Kamis, 24 Maret 2011

Jenis dan simbol Resistor

Jenis-jenis resistor banyak macam dan bentuk. Dilihat dari bahan dasar pembuat resistor dapat dibagi setidaknya ada 3 bahan dasar pembuat resistor.

1. Resistor karbon. Bahan dasar ini terbuat dari extrak karbon.
2. Resistor metal film. Bahan dasar terbuat dari lapisan logam tertentu yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki resistansi seperti yang diinginkan.
3. Resistor dengan bahan dasar kawat. Sering dibuat dari kawat jenis nikel yang memiliki resistansi besar dibandingkan jenis kawat yang lain.

Sedangkan jika dilihat dari nilai resistansinya, setidaknya dapat dikelompokkan menjadi 2. yaitu resistor yang memiliki nilai resistor tetap dan resistor yang memiliki nilai dapat berubah (variabel resistor).

Variabel resistor sendiri banyak macam dan jenisnya. contohnya adalah :
1. Resistor yang dapat berubah resistansinya dengan cara memutar. biasa disebut trimpot atau potensiometer.
2. Resistor yang dapat berubah nilai resistansinya seiring dengan perubahan suhu yang biasa disebut dengan NTC (Negative Temperatur Coefficience) dan PTC (Positif Temperatur Coefficience).
3. Resistor yang dapat berubah nilai resistansinya berdasarkan besar kecilnya cahaya yang mengenainya. Biasa disebut dengan LDR (Light Dependent Resistor)

Terdapat beberapa resistor dengan penggunaan khusus dan sengaja dibuat untuk aplikasi tertentu. Sebagai contoh, Resistor array yang dikemas secara khusus dengan kandungan beberapa resistor menjadi 1 komponen. Resistor yang digunakan sebagai beban semu pada aplikasi RF, dan sebagainya.

Simbol Resistor dalam gambar-gambar rangkaian biasanya adalah sebagai berikut:
simbol resistor tetap

simbol resistor variabel
Sedangkan contoh gambar resistor adalah sebagai berikut :
Contoh resistor tetap

Contoh resistor variabel